Indonesia In Australian Defence Planning

 

Indonesia In Australian Defence Planning

Paul Dibb and Richard Brabi

Security Challenges, Vol 3, no.4, November 2007, pp.67-93


     Tulisan ini membahas posisi Indonesia dalam perencanaan pertahanan Australia, dimulai sejak awal berdirinya negara Indonesia hingga saat ini. Ada empat kesimpulan utama yang dapat ditarik tentang sejauh mana cakupan dan posisi Indonesia dalam perencaanan pertahanan Australia. Pertama, kepentingan Australia di Indonesia berasal dari prespektif geostrategi antara kedua negara yang tidak dapat diabaikan. Kedua, beberapa perbedaan antara Australia dan Indonesia memiliki potensi untuk menjadi sumber ketegangan. Ketiga, penting untuk tidak mengabaikan kemungkinan kegagalan demokrasi di Indonesia. Keempat, tingkat ambiguitas yang melekat dalam hubungan pertahanan Australia-Indonesia ialah Indonesia bisa dipandang sebagai seorang kawan namun disisi lain dapat juga dianggap sebagai musuh yang potensial bagi Australia terlebih ketika hubungan kedua negara semakin memburuk. Hal ini penting memingat kedua negara terus mencari cara untuk membangun kerjasama  dan meminimalisir perbedaan yang terjadi.

     Salah satu hal yang paling menarik dalam journal ini ialah penulis menjelaskan seberapa penting Indonesia bagi Australia. Kedekatan secara geografis dan populasi yang besar menjadi penilaian tersendiri yang teramat penting, belum lagi ditambah keaneka ragaman suku etnis dan agama membuat Indonesia akan menjadi ancaman serius terhadap stabilitas keamanan di Negara Kangguru. Secara geografis sektor utara Australia dianggap paling rawan terhadap ancaman militer langsung, hal ini didasarkan pada pengalaman selama Perang Dunia II ketika Jepang menggunakan Indonesia dan Papua New Guinea (PNG) untuk melancarkan serangan ke daratan Australia. Atas dasar inilah dalam Australian Defence Planning, Kepulauan Indonesia menjadi prioritas utama karena mampu bertindak sebagai perisai dan tameng bagi pertahanan terutama ancaman dari sektor Utara. Namun disisi lain, Indonesia pun akan lebih berbahaya jika dipimpin oleh rezim agresif yang dapat menggunakan keuntungan dari kedekatan geografis untuk operasi militer melawan Australia.

Journal ini juga menganalisis beberapa strategi terkait pertahanan Australia sejak tahun 1953 dalam “The Strategic Basis of 1953” hingga tahun 2000 dalam “2000 Defence White Paper”. Analisis yang menarik karena dalam setiap perubahan rancangan pertahanan dari tahun ketahun, Indonesia selalu mendapat perhatian lebih bagi kepentingan Australia. Hal paling menarik ialah dibahas juga konflik kedua negara terkait intervensi dalam kasus Timur Timour dan fokus rancangan perubahan yang terbaru dalam penangan terorisme.

Perubahan iklim kemanan global di abad 21 yang mulai bergeser ke kawasan Asia-Pasifik menjadikan Australia memegang kendali penuh terhadap stablitas keamanan ini, terutama dengan kehadirnya Amerika Serikat yang sedikit demi sedikit menggeser peta politik dunia terhadap perubahan di Asia. Kerjasama antara kedua negara dalam pembangunan kawasan militer dikawasan Utara Australia menjadikan sinyal alarm berbahaya terutama keamanan negara negara Asia Tenggara khususnya Indonesia.

Perbedaan inilah yang mendasari kajian analsis yang saya lakukan. Selama lebih dari 4 dekade terakhir, Australian Defence Planning selalu fokus pada pertahanan tanpa hadirnya intervensi Asing, namun terjadinya memorandum of understanding (MoU)dengan Amerika Serikat terkait Penempatan pasukan militer berimplikasi pada perubahan dan menggeser peta kekuatan dikawasan Asia Pasifik terutama hubungan dengan Indonesia. Hadirnya pihak ketiga dalam hal ini Amerika Serikat dalam zona-zona strategis di kawasan Australia akan merubah prespektif dan stigma dalam pola perencanaan pertahanan modern kedua negara menjadi pembeda dari jurnal-jurnal ilmiah sebelumnya.

Advertisements
This entry was published on June 22, 2012 at 9:22 am. It’s filed under Review Journal and tagged , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: